advertising here
Pasang Iklan Di Sini

Thursday 2 January 2014

on 10:30 in | No comments
Mungkin anda pernah mengalami laptop anda tiba-tiba mati sendiri, dicoba untuk menghidupkan kembali setelah beberapa saat ternyata bisa hidup kembali namun tidak lama kemudian mati lagi. hal ini bisa kita coba perbaiki sendiri tanpa mengeluarkan biaya service yang besarnya seperti yang anda bayangkan.

Sebelumnya anda persiapkan terlebih dahulu hal-hal berikut ini :
  1. Obeng, sesuaikan dengan obeng yang dibutuhkan
  2. Koas cat yang bersih (bukan yg kering bekas dipake cat tentunya)
  3. Secangkir roko dan sebungkus roko (bagi pecandu, hehehe...)
  4. Minyak kayu putih atau minyak kelapa atau boleh juga alkohol 70%
  5. Tentu laptopnya sebagai objek utama.
Tahap selanjutnya adalah saatnya anda membongkar laptop anda. Berhati-hatilah, lepaskan semua baut yang menempel pada cashing laptop anda, jangan sampai ada satu pun yang masih menempel.

Dalam kasus sepertin ini biasanya kipas pada pendingin processor mengalami kerusakan atau hanya kotor karena debu, untuk itu bagian inilah yang akan kita operasi. Setelah itu lepaskan kipas dari mainboard. Perhatikan gambar dibawah ini salah satu contoh kipas yang tidak berfungsi akibat terlal banyak debu/kotoran yang menempel.


sampai tahap ini jika anda merasa cape, silakan istirahat dan nikmati dulu kopi dan racun yang telah anda siapkan tadi. Jika anda mendapati kipas pendingin processor laptop anda seperti diatas atau hampir seperti diatas, maka tugas anda adalah membersihkan kipas tersebut sampai bersih, makanya dari awal saya katakan persiapkan koas cat yang baru akan berguna setelah laptop dibongkar. Setelah kipas benar-benar bersih silakan anda pasangkan lagi kipas tersebut pada tempatnya, namun sebelumnya akan lebih baik jika kipas tersebut dites dahulu, bisa dengan cara menggerakkan sayap-sayap kipas. Jika kipas berjalan normal itu berarti kipas anda sudah siap berfungsi lagi, namun jika terasa berat maka hal yang harus anda lakukan adalah meker yang mbuka stimenempel pada sebagian kipas tersebut dan carilah lubang kecil, lalu bersihkan dengan menggunakan alkohol, atau minyak kayu putih bahkan bisa juga menggunakan minyak kelapa (alternatif terakhir).

Selesai sudah, kini laptop anda bisa digunakan seperti biasa, dan tidak perlu khawatir akan mati mendadak lagi. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat khususnya bagi yang sedang mengalami kasus seperti diatas.

0 comments:

Post a Comment

Search Our Site

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter